Wednesday 28 June 2017

Perlengkapan Berkemah


Salam Pramuka! Berkemah merupakan kegiatan yang paling ditungguoleh peserta didik. Biasanya pesdik malas berlatih, namun ketika akan diadakan kegiatanperkemahan maka semangat mereka untuk mengikuti latihan kepramukaan menjadi menggebu.Memang sudah sewajarnya, karena kemah adalah kegiatan yang menyenangkan,melatih kemandirian dan yangterpenting adalah mempererat persaudaraan sesama anggota Pramuka.Berbagai perlengkapan harus disiapkan terlebih dahulu agarsewaktu di bumi perkemahan segala sesuatunya sudah tersedia.Sebelum berangkat berkemahkita harus tahu tujuan, kebutuhan, kondisi dan situasi.Berapa lama dan dimana lokasi tujuan ikut menentukanperalatan apa saja yang wajib dibawa.Jadi sebaiknya disesuaikan. Tidak semua barang harus dibawa, agar tidak dikira orang akan pindahan rumah.Dibawah ini adalah peralatan kemah yang harus anda persiapkan sebagai perlengkapan pribadi.Perlengkapan saat berkemah:



#1 Ransel. Ransel bermanfaat sebagai wadah perlengkapan lainnya. Gunakanlah ransel yang ringan, awet dan anti air. Karena saat berkemah bisa saja terjadi hujan lebat yang bisa mengakibatkan genangan dan tenda bocor.

#2 Pakaian / SeragamKetika Berkemah lebih dari 1 hari persiapan pakaian harus disesuaikan.Gunakan pakaian dengan bahan yang kuat (sangat dianjurkan) dan cukup mempunyai banyak kantong (bukan untuk ngantongi jajan waktu lebaran).Hal ini berguna ketika penjelajahan / hiking. Pasti perbekalan yang harus anda bawa cukup banyak.


#3 Jaket.Gunakan Jaket tebal agar terhindar dari dingin saat dimalam hari atau ketika berkemah di daerah pegunungan. Dan usahakan bahan dari nilon berlapis kain dan berponco.


#4 Alat Sholat / Pakaian Beribadah. Pramuka menekankan nilai spiritual dalam sebuah pendidikan, dalam berkemahpun demikian. Pakaian untuk beribadah harus dibawa.Seperti sajadah dan mukena untuk putri, sarung dan peci untuk putera. Dan untuk yang non muslim sesuaikan dengan kebutuhannya.Sebetulnya untuk putera (muslim) yang sudah menggunakan pakaian menutup aurat tidak perlu membawa sarung. Namun untuk menjaga kebersihan dari najis maka gunakan alat khusus untuk sholat.


#5 Kantung tidur / Sleeping BagManfaat kantung tidur adalah menjaga kehangatan tubuh. Jika kakak berkemah di tempat yang cuacanya tidak dingin bisa menggunakan selimut. Tapi jika berkemah diperbukitan / pegunungan dengan suhu yang super dingin maka sleeping bag wajib dibawa.

#6 Pakaian Cadangan. Bawalah cadangan pakaian untuk mengantisipasi jika lusuh atau basah. Masukan ke dalam plastik agar tidak terkontaminasi dengan medan perjalanan.

#7 Peralatan Makan. Alat makan yang diperlukan adalah piring, sendok, garpu, gelas dan mangkuk.


#8 Peralatan Mandi. Peralatan mandi yang harus dibawa yaitu gayung, handuk, sabun, sikat gigi dan pasta gigi.



#9 Peralatan Masak. Peralatan masak yang dibutuhkan: nesting, kompor spiritus atau lebih bagus menggunakan kompor paraffin.

#10 Sepatu. Gunakan sepatu mid cut dan high cut. Mid dan high cut adalah jenis sepatu yang menutupi dan melindungi mata kaki.Jika saat bersantai gunakan sepatu cats agar lebih nyaman.

#11 Kaos Kaki. Kaos kaki berguna untuk melindungi kulit saat bergesekan dengan sepatu. Bawalah lebih dari 1 pasang untuk berjaga-jaga, karena biasanya kaos kaki mudah rusak / sobek.

#12 Sarung tangan. Manfaat sarung tangan sebagai pelindung dan penghangat dimalam hari.

#13 Topi. Selain menggunakan baret yang merupakan bagian resmidari seragam penutup kepala makan gunakan topi sesuai kebutuhan:Topi petsuntuk perjalanan santai, topi ini cukup simpel dan biasa digunakan kebanyakan orang.Topi cowboysaat cuaca panas, bentuk topi ini melingkar dan lebar sehingga cocok untuk melindungi kepala dari terik matahari.Topi kupluksaat malam hari, bentuk topi ini elastis terbuat dari kain (rajut/wol) yang dapat menutupi kepala sampai telinga dan mampu memberikan kehangatan.

#14 Senter. Selain untuk penerangan saat malam, senter berguna juga untuk memberi isyarat atau morse. Bawalah senter dengan baterai/ daya listrik yang terisi cukup penuh jika diarea perkemahan tidak ada listrik.

#15 Peluit. Salah satu kebiasaan anggotaPramuka ketika mengenakan seragam terdapat peluit dibaju. Peluit berfungsi sebagai isyarat dan morse.

#16 Korek Api. Manfaat korek sebagai sumber api yang cepat ketika dibutuhkan.


#17 Ponco. Selain berguna untuk jas hujan, ponco juga bisa digunakan untuk membuat tenda darurat / bivak, dan alattidur agar lebih hangat. Jika tidak ada ponco, gunakan plastik tebal atau bisa juga plastik kantong sampah.

#18 Obat-obatan PribadiBawalah obat sesuai dengan jenis penyakit yang sering kambuh. Biasanya yang sering dikeluhkan di perkemahan adalah pusing, sakit perut, maag.


#19 P3K. Peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakan) harus dibawa untuk mengantisipasi terjadinya cidera.

#20 Peralatan kemah kelompok. Peralatan ini dibawa secara berkelompok, 1 orang membawa barang yang sudahditentukan oleh ketua kelompok. Perlengkapan ini digunakan secara bersama

#21 Jarum dan Benang. Terkadang saat melakukan aktivitas pakaian yang kita kenakan sobek. Kalau membawa cadangan pakaian masih bisa menggunakan yang lain, namun jika tidak maka solusinya adalah dengan menjahit kain yang sobek tersebut.Setelah membaca artikel diatas sekarang kakak-kakak tahu perlengkapan / peralatanapa saja yang harus dibawa saat berkemah.Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare sama teman-teman yang lain.Akhir kata,

SALAM PRAMUKA!

0 comments: