Sunday 28 August 2011

perangkat lunak open source



Jika Anda telah menghabiskan waktu yang panjang di Internet, Anda mungkin pernah mendengar perangkat lunak open source, namun mungkin belum sepenuhnya mengerti apa itu dan mengapa itu ada. Artikel ini akan menjelaskan fenomena terbaru dan menjelaskan beberapa manfaat untuk perangkat lunak yg digunakan masyarakat.

Singkatnya, perangkat lunak open source adalah perangkat lunak dibuat oleh semua orang - untuk semua orang. Berharap di balik perkembangannya adalah bahwa melalui akses terbuka, ia akan berkembang menjadi sesuatu yang mewakili hasrat sejati pengguna komputer. Melalui jaringan yang luas keterlibatan pengguna, perangkat lunak yang bersangkutan ditingkatkan dan debugged tanpa biaya atau politik administrasi.

Secara tradisional, perangkat lunak dikembangkan di balik pintu tertutup. Sebuah tim coders profesional membangun tetapi masyarakat pada umumnya bukan merupakan bagian dari konsepsi ini. Ini mahal untuk memproduksi dan karena Anda mungkin bisa menebak, biaya yang diteruskan kepada pengguna akhir: konsumen. Perangkat lunak open source di sisi lain bebas. Bebas untuk download, bebas untuk menginstal, bebas untuk menggunakan, bebas untuk mengubah, dan bebas untuk berbagi.

Dimulai lebih dari dua puluh tahun yang lalu, ini adalah fenomena yang mendapatkan baik dalam popularitas dan eksposur. Dalam konsepsi pertama, open source melahirkan World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang. Internet secara keseluruhan adalah hasil dari izin bebas untuk mengakses web, menggunakan web, kontribusi ke web, dan berbagi web dengan orang lain. Tapi tentu tidak berhenti di sana. Di masa lalu tidak terlalu jauh, Netscape versi diubah sekali komersial dari web browser Navigator untuk open source. Dan hari ini, open source adalah bertualang ke dunia komersial juga.

Pada pikiran pertama, gagasan open source mungkin terdengar hanya biasa gila untuk mereka yang mencari nafkah dari pengembangan perangkat lunak. Namun fakta menunjukkan prediksi yang berbeda. Perangkat lunak open source menempatkan perusahaan dalam posisi yang hebat untuk kembali merek dan re-posisi mereka di pasar yang mereka mungkin belum mampu menjangkau sebelumnya. Dalam dunia bisnis, open source adalah semua tentang gambar dan ketika konsumen korporasi saksi kontribusi (bukan menjual) kepada publik membeli, mereka mendapatkan bantuan yang besar di mata pengguna mereka (ditambah peluang luar biasa untuk menjual barang-barang lainnya).

Mengundang masyarakat dalam pengembangan suatu produk membangun komunitas dan kepercayaan. Hal ini juga menetapkan platform untuk peningkatan kehandalan. Penggemar program open source bersikeras tentang perangkat lunak yang handal dan sangat mengkritik versi dikomersialkan karena buggy dan rawan kesalahan. Penggemar avid bahkan menyatakan komersialisme adalah penyebab dari perangkat lunak buruk.

Manfaat lain yang open source membawa kepada cahaya adalah kecepatan di mana produk-produknya dikembangkan, ditingkatkan, didukung dan didistribusikan.Hal ini karena orang-orang yang secara teratur memberikan kontribusi untuk sebuah produk open source melakukannya untuk alasan yang tidak termotivasi (selain mungkin untuk memberi makan ego.) Mereka sangat berbakat, mereka sudah tersedia, dan mereka peduli. Membawa uang ke dalam setiap proyek hampir bisa berarti kematian instan. Hal ini dapat membunuh motivasi, keinginan, dan kemauan yang benar untuk menciptakan produk yang baik. Dalam pengaturan komersial, peserta bekerja untuk gaji bukan untuk produk. Dan inilah yang menempatkan proyek open source jauh lebih maju dari kompetisi menghasilkan uang nya.

Sebagai pengguna perangkat lunak, ini berarti Anda dapat berkontribusi untuk sebuah proyek open source juga, dan membantu untuk mengembangkannya menjadi sebuah produk yang mencerminkan preferensi langsung Anda. Anda tidak "terjebak" menggunakan perangkat lunak open source cara Anda akan terjebak menggunakan pengolah kata yang mahal atau database. Anda memiliki akses yang sama untuk perangkat lunak open source sebagai programmer miliki dan pada dasarnya, Anda adalah pelanggan Anda sendiri!

Mungkin pada titik ini Anda bertanya-tanya di mana Anda bisa masuk pada kesempatan baik ini. Ada banyak kesempatan open source ditaburkan di Internet dan mereka dapat dengan mudah menemukan meskipun setiap mesin pencari.Google "proyek open source" dan Anda akan yakin untuk menemukan lebih banyak sumber daya dari Anda dapatkan

0 comments: